Kamis, 10 November 2016

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Benteng

Gunung Prau yaitu suatu gunung yg terdapat di Dataran Tinggi Dieng pas di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa pun. Berada di koordinat 7°11′13″LU 109°55′22″BT.

Gunung itu yaitu salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng tidak cuma Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, tambah Gunung Juranggrawah ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atas paras laut. (Wikipedia)

Gunung prau tergolong pendek juga 2565 Meter diatas permukaan laut (mdpl). Tapi pemandangan daerah nya benar benar cendayam apabila  kaliansampai di puncaknya. Gunung ini tak memiliki kawah, karena tengah tergolong Sebagai gundukan bukit, bukit itu lumrah dinamakan Pendaki Sebagai Bukit Teletubis.

Pendakian Via lorong Patak Banteng

Pendakian gunung prau terdapat 3 lorong:

    koridor patak banteng
    jalan dieng kulon
    lorong kendal

bersumber ketiga jalur terkandung, yg paling bising dan mudah dijangkau merupakan jalan Patak banteng. Lantaran lokasinya yg dalam bersama ikhtiar utama menuju Tempat tur Dieng. Gang pendakian ini juga di tempuh sebagian 2,5 jam – 3 jam juga.

Sebelum mendaki, sebanyak pendaki dianjurkan lewat Basecamp yang ada di pesanggrahan desa Patak Banteng. Apabila alamat barat, pendaki Bisa mengunakan kereta atau kendaraan umum lain berulang ada di titik point terminal Banjarnegara, dulu di teruskan memakai bobot setempat yg menuju Wonosobo. Di terima di perbatasan desa Patak Banteng – Dieng separuh pendaki turun di wisma desa patak banteng, Tempat Basecamp ada dibelakang gedung desa.

Bila bermula utara, timur, maupun selatan, sebagian pendaki melewati Kab temanggung, juga Wonosobo. Beranjak mulai sejak simpang 3 Desa Madurasi, atau Dapat sedang mulai sejak Terminal Mandolo Kota Wonosobo, dengan menumpang mini bus jurusan Wonosobo – Dieng. Turun di Kantor wisma Desa Patak Banteng, yg letaknya berada disebelah kiri metode. Tapi apabila seputar pendaki memakai beban pribadi, Dapat lewat taktik menuju banjarnegara cepat tidak dengan melewati kota wonosobo.

Memasuki pintu provinsi rekreasi Dieng Plateau

Pendaki yang awal arah utara, timur, serta selatan, selama perjalanan amnesti awal tanah wonosobo akan dihibur oleh indahnya pegunungan Dieng, dari wonosobo seputar pendaki bakal dimintai karcis masuk rayon Dieng. Abolisi permulaan pintu gerbang pintu gerbang area rekreasi, kanan kiri dihiasi pegunungan. Bagus pegunungan dieng maupun erotisnya Gunung Sindoro mulai sejak sebelah kanan.

Jikalau iklim berakal, gunung sindoro kelihatan terang kegagahannya. Di jejeri persawahan bersama hawa yang sejuk, sejumlah pendaki Dapat beristirahat sejenak untuk menikmati pemandangan karena lama nya perjalanan. Semenjak cara menuju basecamp tengah dapat menjumpai teknik menuju basecamp pendakian gunung sindoro via tambi.

Basecamp Patak Banteng

terjadi di basecamp, seluruh pendaki diharuskan memasukkan diri untuk Sebagai magfirah mendaki pun mengakibatkan perbekalan sewaktu diatas gunung. Umumnya segenap pendaki tak langsung menuju perjalanan ke puncak Namun beristirahat sejenak untuk isikan tenaga di karenakan tenaga terkuras banyak sebelum sampai basecamp. Perizinan di gunung prau ini tak serumit gunung-gunung lain, jua membayar uang tunai tengah diberi karcis pendaki sudah Bisa cepat berangkat menuju puncak. Persyaratan kusus tersedia pada poster yang ada di basecamp. Persyaratan khusus itu berisi larangan-larangan selagi perjalanan maupun selagi di puncak. Bagi pendaki yang membawa kendaraan pribadi dapat dititipkan di basecamp kembali membayar parkir.
Meet and Fun with Explore Gunung ke Prau
Meet and Fun with Explore Gunung ke Prau

Basecamp – Pos I

dari basecamp, pendaki menuju perkampungan dimana jalan menuju puncak yaitu melewati perkampungan warga Patak Banteng, terdapat arahan jelas menuju puncak. Izin dari perkampungan segenap 500 meter berhasil 1 kilometer, pendaki memasuki zona persawahan warga, persawahan ini amat sangat juwita dengan peraturan letak terasering yg amat sangat selesai semula hijau. Pendaki melewati proses batu sejumput menanjak kaum 15 menit hingga tercapai Pos I.

Pos I berupa gubuk mungil persawahan, biasanya terselip bakul Siomay yg mengais rezeki berasal separo pendaki. Di pos ini pendaki Bisa beristirahat berulang isikan tenaga ataupun lanjut perjalanan. Di karenakan metode bersumber basecamp tidak terlalu menanjak, pendaki mampu segera melanjutkan perjalanan. Berasal pos ini pendaki saja Dapat melihat pemandangan sawah yg rampung tambah puncak asal gunung sindoro yg kelihatan mungil. Seandainya ingin mengambil gambar sepertinya dirasa tak cocok, karena lahan yang tertutup tebing persawahan masih perkampungan saja. Akan tetapi apabila ingin menunggu teman pendaki lain, pos ini Dapat menjadikan lokasi yang tepat. Jika hiruk pendaki, banyak tukan ojek di pos ini, untuk menjemput pendaki yang turun.

Pos I – Pos II

Untuk menyambung perjalanan bermula pos I menuju pos II, pendaki berbelok ke kiri, melewati persawahan, bersama pemandangan sawah kanan kiri kembali hutan didepan. Asal Pos I menuju Pos II sebanyak 15 – 30 menit juga bersama koridor tidak terlalu menanjak, masih bercorak tangga daerah. Sebelum Pos II pendaki akan menjumpai warung kecil sebelah kiri jalur, warung ini buka bila pendakian ribut. Separo 20m bersumber warung, Pos II sudah kelihatan.

Pos II berupa lahan lapang mungil, cukup untuk mengakibatkan 2 tenda juga. Di pos ini terus pendaki memasuki hutan gunung prau. Hutan lebat dengan dominasi pohon cemara berulang pinus. Para pendaki umumnya langsung menyambung perjalanan tidak dengan istirahat di pos ini karena tenaga dan cukup tambah tak terlampaui terjal selama perjalanan bersumber pos I.

Pos II – Pos III

asal pos II menuju pos III perjalanan Mulai sejumput menanjak, juga permulaan sini tengah perjalanan bakal semakin menantang karena gang yg sejumput terjal semula menanjak ini pendaki di harap berhati-akhlak. Jalan teramat licin saat masa hujan. Pendaki bakal secercah merasa bosan selagi menuju pos III, alasan jauh terus teknik menanjak, saja di karenakan kanan kiri juga pemandangan hutan. Para 30 – 40 menit untuk menuju pos III, tambah amat menguras tenaga. Sewaktu perjalanan, pendaki tidak dianjurkan mengambil gambar, di karenakan metode pass susah untuk tak berpegangan. Lorong ini kasat mata tanah merah bersama batu-batuan khas perbukitan. Termakbul di pos III, pendaki dapat istirahat sejenak untuk isikan tenaga semula meneruskan perjalanan. Tapi, diusahakan untuk beristirahat setidaknya 10 – 15 menit, di karenakan lagi setengah perjalanan menuju puncak.
Bisa di lihat track yang bakal di tempuh :)
Dapat di lihat track yg dapat di tempuh 🙂

Pos III ini berwujud lahan mungil sebelah kanan, muat untuk 2 tenda. Di pos ini sedang hanya konkret hutan juga, tiada pemandangan lain tidak hanya bukit terus hutan benar bila pendaki merasa bosan ada baiknya untuk tak terlampaui lama di pos III. Rekomendasi untuk istirahat sejenak tambah isi tenaga.
Istirahat sejenak direkomendasikan ya :)
Istirahat sejenak direkomendasikan ya 🙂

Pos III – Bukit Teletubis

Pasca tenaga terkuras, pendaki dan akan menjumpai jalur yang terjal. Semenjak pos III menuju Bukit Teletubis jalur Menjadi terjal semula menanjak, pendaki harus berhati-personalitas di karenakan tidak tersedia pegangan di seluruh gang. Perjalanan permulaan pos III menuju bukit di tempuh sebanyak 30 menit bersama gang yang terjal, dulu seputar 15 menit perjalanan menuju Bukit, pendaki akan menemui belokan yg menanjak, awal belokan ini pendaki Berawal Dari disuguhi pemandangan jelita gunung sindoro sedang perkampungan dieng. Amat sangat ayu seandainya iklim cerah. Tapi bagi para pendaki agar berhati-sifat.

Perjalanan menuju Bukit Teletubis teramat melelahkan, semula akan menguras tidak sedikit tenaga, dapat lagi pula kebahagiaan dimulai berasal perjalanan ini. Sebelu bukit, pendaki melewati proses setapak landai, itu tandanya pendaki dapat segera sampai. Selamat!

Asal usaha setapak ini, pendaki Mulai di suguhi pemberian Daisy yang berbaris tuntas serta laksmi. Bunga Daisy ini adalah ganjaran yang berkembang di jajahan yg sejuk. Kalau di gunung-gunung lain mempunyai balasan Edelweis Bagaikan Raja permulaan zona gunung, di Gunung Prau, imbalan Daisy lah Ratu nya! Bonus daisy atau aster tersebut ke dalam famili Asteraceae (keluarga bunga matahari), yg adalah grup terbesar permulaan tanaman berbunga. Sampai Pada ini ada lebih asal 12.000 spesies kompensasi ini bersama bermacam macam warna, ukuran, berulang bentuk senjang yang lalu teridentifikasi. Sebagian jenis hidup dengan cara alami di padang rumput garang sedang hutan, melainkan varietas lainnya ditanam di kebun rumah. Jenis aster yang terkini Yaitu English daisy (Bellis perennis), Gerbera daisy, Blue daisy, Sunshine daisy dll.

Di bukit teletubis, pemandangan teramat cantik. Bukit teletubis ini konkret gundukan bukit, lahan yang luas berulang Bagaikan camping ground seluruh pendaki. Di bukit ini tengah seluruh pendaki alami nya memilih lahan untuk menggelar tenda nya pas selera view yg di inginkan. Ada yang serentak menyusun dalam bersama jalan pendakian ataupun ada di paling ujung bagian timur.
Menanti sunrise gunung prau
Menanti sunrise gunung prau

Di pagi hri, pendaki dapat di hibur oleh indahnya Sunrise Gunung Prau, dimana pendaki amat menunggu moment ini untukmenikmati keindahan lingkungan yang satu ini & berfoto-poto untuk mengambil gambar moment moment. Di lansir oleh segenap fasilitas, sunrise gunung prau tercatat dalam jajaran sunrise paling indah dataran tinggi dieng, sungguh jangan sampai heran bila di hri libur distrik bukit teletubis ini teramat geger, penuh, dipersetujui tak tersedianya lahan untuk menciptakan tenda. Untuk menikmati indahnya sunrise gunung prau pendaki dapat bangun pagi pun cepat menuju arah timur bukit. Di bukit ini berulang Gunung Sindoro berulang Sumbing nampak amat sangat mesra, di dampingi Gunung Merapi tambah Merbabu sebelah kanan, serta Gunung Lawu yang terlihat sangat mungil. Kebanyakan pendaki lebih sering mengambil gambar mesranya gunung-gunung ini, di banding sunrise. Benar, bila itu sudah terlampaui membosankan, kenapa tidak memotret yang lain Namun indah? Seperti contoh kemayu levitasi saat sunrise atau mengambil gambar manisnya Daisy yang mekar dll.
Ini sia sohib-kawan yang mengikuti urusan Meet and Fun EG
ini sia teman-sahabat yg mengikuti rencana Meet and Fun EG

Bukit Teletubis – Puncak

tidak jauh bersumber bukit, puncak tampak. Berjalanlah ke arah kiri, menaiki bukit, disitu terdapat puncak gunung prau. Ditandai bersama plat kecil bertuliskan “Puncak 2565” pendaki sudah menggerapai puncak. Berjalan separuh 5 menit kembali….. Selamat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Benteng